Mengenal Berbagai Processor Smartphone



     Halo sobat, kembali lagi di blog Na Tech. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang prosesor-prosesor yang banyak sekali dipakai di smartphone android. Sebelum kita bahas, saya akan mengartikan prosesor bagi anda yang belum tau apa itu prosesor. Jika diibaratkan di manusia, prosesor bagaikan otak, yang berguna untuk mengatur segala yang ada dalam tubuh seperti mengendalikan peredaran darah, sama halnya dengan smartphone, prosesor berguna untuk mengatur berbagai kinerja smartphone. Pada awalnya prosesor hp hanya memiliki 1 core/single core, namun seiring kemajuan zaman ya pastinya semakin lebih baik dan sampai saat ini  sudah ada smartphone dengan deca core... Terus, apakah banyaknya core di prosesor berpengaruh? Jawabannya, Ya. Semakin banyak core prosesor semakin lancar smartphone tersebut, logika nya jika pekerjaan dilakukan banyak orang, maka pekerjaan akan semakin cepat. Tapi, ada tapinya ya sob, jangan selalu berpikiran kalo hp yang jumlah inti/core prosesor nya lebih banyak akan lebih lancar daripada hp yang jumlah inti/core prosesornya yang lebih sedikit, karena lancar atau tidaknya sebuah hp g bisa ditentuin hanya dengan jumlah core prosesornya, haha..

     Oke, sekarang saya akan membahas 4 prosesor yang banyak dipakai di smartphone zaman sekarang :

1. Mediatek
     Prosesor yang pertama adalah Mediatek, prosesor ini seringkali dianggap sebelah mata karena dahulunya, banyak smartphone yang memakai prosesor mediatek yang mengalami overheat/kepanasan. Namun, zaman sekarang kan sudah beda, ya kan? Mediatek kini sudah mengembangkan prosesor nya menjadi prosesor yang lebih baik dan siap bersaing dengan kompetitor lainnya, sampai artikel ini dibuat, salah satu prosesor terbaik yang dimiliki Mediatek adalah Helio P60,70,90, Helio X30,35, dan masih banyak lagi.

2. Snapdragon
     Yang kedua adalah Snapdragon. Snapdragon adalah prosesor dengan peminat paling banyak, karena dari dahulu, Snapdragon sangat cocok untuk digunakan ngegame, selain karena tidak gampang overheat, snapdragon lebih banyak support game. Prosesor buatan snapdragon yang banyak digunakan pada handphone flagship pada zaman sekarang adalah Snapdragon 845.

3. Kirin

    Yang ketiga adalah Kirin, berbeda dengan kedua prosesor diatas, Kirin adalah prosesor yang hanya digunakan untuk produk Huawei atau anakan perusahaan Huawei seperti Honor yang sudah lepas dari Huawei. Prosesor terbaik saat ini yang dimiliki Kirin adalah Kirin 980.

4. Exynos

     Yang terakhir ada prosesor milik Samsung yaitu Samsung Exynos, sama halnya dengan Kirin, prosesor ini hanya dipakai untuk produk dari Samsung saja. 


     Sebenarnya masih banyak lagi prosesor yang dipakai pada smartphone seperti Intel, Nvidia Tegra, dll. Namun hanya keempat prosesor itu saja yang paling hype di smartphone zaman sekarang. Nah kesimpulannya semua prosesor itu sama saja, tidak ada yang terbaik dari yang terbaik, jika dibandingkan dengan prosesor yang setara, hasilnya pasti sama saja atau hanya berbeda sedikit, apalagi setelah Mediatek meluncurkan seri terbarunya Helio, tidak ada lagi MENDING SNAPDRAGON ya...hahaha, karena Mediatek Helio sendiri sudah tidak lagi gampang overheat sob.

   Oke sekian dari saya, jika bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda agar mereka tau, jika anda tidak setuju dengan pendapat saya diatas mohon dimaklumi karena itu hanya pendapat saya. Dan jika anda memiliki pendapat yang lain, silahkan sharing di kolom komentar... See you on the next article, Cheers..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Berbagai Processor Smartphone"

Posting Komentar